Membuat CS1 serasa "overstroke" bertorsi tinggi

Selalu saja setiap ada duel mulut dan kata-kata dengan pemilik motor cc tanggung itu (135cc), hasilnya adalah cs1 menang putaran atas di trek yang panjang dan si doi selalu menang putaran bawah atau di trek pendek (201 meter). Hal itu tentu sudah bisa dilihat dari spek yang berbeda. Cs1 yang overbore baru bisa bertaji di putaran atas. Sedangkan si dia hanya mantab diawal-awal saja dengan mesin overstrokenya.

Namun setelah ane cek, ternyata kekalahan cs1 pada putaran bawah disebabkan oleh langkah toraknya yang pendek (47,2 mm). Sehingga nafas putaran bawahnya rendah dan pendek. Oleh karena itu ane coba cari jalan keluar buat manjangin nafas nih motor alien. Pertama tama coba campurin obat asma di campuran bensin, tetep gak bisa (ngaco mode :on). Akhirnya ketemu juga. Di brosur ane baca kalo gear depan & belakang cs1 berukuran 14:42. Yang berarti memiliki perbandingan cukup besar, yaitu 1:3. Semakin besar perbandingannya, semakin pendek nafas motor, namun powernya lebih merata di putaran atas. Dan sebaliknya semakin kecil perbandingannya, semakin panjang nafas di putaran bawahnya namun perlu mengorbankan putaran atas yang agak kendor.

Begitu punya feeling einstein, ane langsung itung-itung angka rasio gear di kalkulator lombok gue (kalkulator yg tombolnya gede banget mirip tahu tempe itu loh). Hasilnya ane dapet perbandingan 1:2,5 di gear depan 15 & belakang 38. Namun setelah ubek-ubek surabaya nyari gear ukuran ini susah banget deh. Malah pernah disodori punya fit new. (jaoh banget om!!). Akhirnya itung ulang dan pilihan jatuh di ukuran 14:35. Sempet ane tanyain ternyata ada gear belakang ukuran 35 punya honda grand. Jarak bautnya pas. Tapi lobangnya yang 8mm masih harus di bubut menjadi 10mm.


Ane langsung bawa pulang gear 35 itu, lobangin di tukang bubut. Selanjutnya langsung pasang di cs1 ane. Langsung pas. Sekalian ganti rantai punya kawasaki (KMC). Begitu selese, langsung ane coba tarikan di jalan (note:jangan coba di sawah, pasti tenggelam motor ente). Gigi 1 nya mantab. Kalo sebelumnya cuma mentok di 35 km/j, sekarang kerasa banget nafasnya yg panjang. Bisa up ampe jadi 53 km/j bro (lumayan atau bisa disamakan dengan tarikan gigi 1 nya si doi 135 cc itu). Ok, langsung ane masukin gigi 2, lebih mantab lagi bro,kaget ane liat spido nunjukin 85 km/j. Wahhh, kalo ini sih berarti, kalo jalan jalan di kota cukup pake gigi 2. Hehe. Btw, pas dicoba gigi 3, tarikannya lebih mantap lagi, snggup dapet angka 110km/j di spido. Tapi masalah muncul saat ane masukin gigi 4. Speed cuma naik 14 digit ke angka 124 km/j. Dan yang bikin repot, RPM di gigi 4 mentok ane paksa cuma di 10000 RPM kurang dikit. Coba ane paksa masukin gigi 5, power langsung ngedrop bro. Speed cuma nambah 2-3 digit ke angka 126-127 km/j. Sebelum ganti gear, ane bisa mentok ampe 130 km/j. Jadi masih perlu penyempurnaan perbandingan gear. Ane pikir sih sebaiknya pilih gear belakang ukuran 36,37, atau 38. Adi tarikan bawahnya bisa lebih panjang namun tarikan atasnya tetep terjaga prima powernya.

Untuk lebih jelasnya ane kasih perbandingan sebelum & sesudah ganti gear belakang. Gigi (sebelum-sesudah) >> Gigi 1 (35-53) gigi 2 (65-85) gigi 3 (90-110) gigi 4 (118-124) gigi 5 (130-127). Tapi ane jadi enak nih. Jalan di kota gak perlu sering sering ganti persneling. 


sumber : CS1 Suroboyo by 

3 comments:

  1. ganti gear sembarangan bisa merugikan lho. pabrik itu punya insinyur yg pinter dan perhitungan yg lebih teliti. ganti gear berat mlg membuat nafas jd panjang, tp coba dipake berboncengan di jalan tanjakan,pasti loyo. harus disadari,tiap sepeda motor punya kelebihan dan kekurangan. apalagi motor 4 tak, hrs mengalah salah satu. putaran bawah mantap,putaran atas loyo. ngurusi pula sebaliknya. klo pgn dua2nya mantap, beli aja rx-king, serius...
    saran saya, klo pgn pake motor ber torsi besar, beli aja Yamaha Jupiter MX. toh skrg MX juga 5 speed, malah bisa dirubah jd 6 speed. gak usah malu,sekarang udah jamannya motor torsi besar. bebek honda jaman dulu grand,supra,legenda yg mempertahankan stroke 49,5 skarang udah diganti mesin stroke 55 (revo,beat) dan stroke 57,9 (supra x 125, vario 125). jadi tunggu apalagi. pake mesin overstroke lebih irit,gak perlu rpm tinggi. bore up dikit kapasitas mesin udah naik banyak.

    ReplyDelete
  2. Trim's yo Sist udah mampir dimari. pake gear standar malah lebih bagus secara keseluruhan. tapi buat yang mau rasa CS1 dengan rasa yang beda, itu salah satu caranya. tentu ada kelamahan dan kelebihannya masing masing. Cheers

    ReplyDelete
  3. Untuk honda cs1 upgrade tp bisa di bilang standar jdi 150cc dohc
    Cara nya swap head sama cbr old aja,,
    12000rpm bisa tembus 16hp(tergantung tangan nye)
    ane sndri udh swap head pke cbr..
    Karna scara basic mesin cbr old sama cs1 gak jauh beda..

    ReplyDelete