Sejarah HCST




HONDA CITY SPORT TEAM (HCST)

HCST berawal dari sebuah forum kaskus yang membicarakan mengenai kendaraan roda dua yang saat itu baru saja di launching oleh Astra Honda Motor, yaitu Honda CS1. Diskusi yang hangat mengenai fenomena motor yang saat itu dianggap menabrak pakem motor kebanyakan, membuat para pemiliknya berinisiatif mendirikan sebuah wadah bagi para pengguna motor CS1.
Sebelum menggunakan nama HCST, perkumpulan ini menamakan dirinya sebagai CYSERS singkatan dari City Sport Evolutionary Riders. Namun atas permintaan pihak AHM untuk menggunakan unsur nama Honda, maka berganti lah nama organisasi tersebut menjadi HCST – Honda City Sport Team. Dan Cysers dijadikan sebutan umum bagi seluruh pengguna motor CS1.

Saat itu, 13 pendiri HCST yang berasal dari berbagai daerah seperti Surabaya, Bandung, Solo, Lampung, dan Jakarta berinisiatif untuk melakukan peresmian HCST sebagai sebuah wadah bagi pengendara motor CS1. Adalah 8 Agustus 2008 (888) yang di pilih sebagai tanggal lahir nya HCST di seluruh Indonesia yang di resmikan oleh pihak Astra Honda Motor serta Wahana sebagai main Dealer wilayah Jakarta & Tangerang di Pamor Kafe, Kebayoran.
Seiring perjalanan waktu, HCST semakin berkembang dan semakin besar dengan lahir nya chapter-chapter di seluruh Indonesia. Hal ini membuat para pengurus HCST berniat untuk mengadakan sebuah acara gathering nasional yang mempertemukan seluruh pengguna CS1 dari seluruh Indonesia.
Dengan niat, kerja keras, dan kerjasama dari seluruh pihak, acara bertajuk CS1 National Gathering sukses di gelar di salah satu kota founder, Karang Anyar - Solo, pada tanggal 25 – 26 July 2009. Yang kemudian dilanjutkan dengan Rakernas 1 HCST di Jakarta 2 – 4 April 2010 sebagai ajang resmi pertama pemilihan pengurus nasional secara langsung.
Pada momen Rakernas 1 pula lah, tercetus nama HCST Indonesia. Nama yang sama sekali tidak dimaksudkan untuk mengubah nama HCST yang di cetuskan oleh para founder. HCST Indonesia hanyalah sebuah filosofi semangat para cysers, bahwa HCST kini telah menjadi sebuah keluarga besar. Keluarga se-Indonesia.






HONDA CITY SPORT TEAM (HCST)

adalah klub pengendara dan pemilik sepeda motor Honda City Sport 1. Sebutan bagi para pengendara Honda CS1 di sebut CYSERS.

Penggunaan Nama TEAM dalam Organisasi Honda CS1 Club juga mencoba untuk mengubah paradigma yang selama ini berlaku bagi kelompok organisasi motor pada umumnya yang sering menggunakan nama CLUB ataupun COMMUNITY.

Alasan lain istilah TEAM lebih dimaksudkan penyesuaian spesifikasi dan orientasi Honda Motor CS1 yang boleh dibilang Unik, baru dan satu-satunya di Dunia dari produk motor keluaran HONDA.

Klub ini merupakan klub Honda CS1 yang pertama kali dibentuk oleh beberapa orang pemilik Honda CS1 (cysers) di Indonesia.

HCST yang berdiri tanggal 20 Juni 2008 di Jakarta dan merupakan binaan dari PT. Astra Honda Motor Indonesia dengan dukungan dari masing-masing main dealer di setiap HCST berada.
TUJUAN BERDIRINYA HCST
HCST didirikan sebagai wadah silaturahmi dan untuk membantu para pemilik dan pengendara motor Honda CS1 Indonesia dalam hal informasi produk dan perkembangan teknlogi yang dimiliki oleh Honda CS1 sebagai produk varian baru 2008 dari pabrikan Motor Honda.
VISI HCST
Menjadi media komunikasi dan informasi bagi sesama pengendara HONDA CS1 khususnya dan pengendara roda dua pada umumya untuk membangun kebersamaan dan persaudaraan dengan menghargai keragaman dan perbedaaan, melalui kegiatan-kegaiatan positif yang memberikan nilai tambah bagi para anggotanya.
MISI HCST
1. Menciptakan sebuah komunitas yang cerdas dan peduli serta memberikan manfaat bagi para anggotanya dan masyarakat pada umumnya.
2. Menyatukan dan mengarahkan hasrat dan keinginan para cysers, dalam kegiatan yang positif dibawah naungan HCST.
3. Menanamkan pentingnya etika, kemamanan dan keselamatan dalam berkendaraan bagi seluruh cysers pada khususnya dan masyarakat pada umumnya.
4. Mengembangkan dan meningkatkan pengetahuan teknik otomotif khususnya kendaraan roda dua dari para Anggota HCST.
5. Memberikan kontribusi terhadap pihak pabrikan Honda dan pihak yang bekerjasama dengan HCST dalam rangka mengkampanyekan program kegiatan yang bersifat nirlaba/edukasi dan komersil.
MOTO
Salute!!! Adalah moto yang digunakan oleh HCST Indonesia.
Salute!!! memiliki filosofi bahwa seluruh anggota HCST Indonesia menjunjung tinggi dan menanamkan perilaku solidaritas dan brotherhood tidak terbatas kepada pengendara kendaraan bermotor saja namun menerapkan nya juga di dalam lingkungan sekitar.
Selain itu Salute!!! juga memberikan pengertian bahwa pengendara CS1 merupakan individu yang berani mencoba sesuatu yang baru, berani mengubah paradigma dan menabrak pakem yang ada dengan memilih motor Honda CS1 sebagai kendaraan pribadi nya. Sehingga layak di berikan Salute!!!
DAFTAR ISTILAH
Honda CS1:Honda City Sport 1
HCST:Honda City Sport Team
Cysers:City Sport Evolutionary Riders
Salute!!!:Solidarity & Brotherhood





HCST Chapter Bandar Lampung,



No comments:

Post a Comment