Wasir Mengintai Bikers, Banyak Minum Hindari Pedas!

Apa sih wasir atau ambeien itu? “Gangguan di daerah dubur karena pembuluh darah di ujung sekitar anus membengkak. Keadaan ini terjadi karena pembuluh darah jadi berkelok-kelok dan terkumpul di suatu tempat,” buka Dr. A.Y.G Wibisono M.Kes, dari Dinas Kesehatan Kota Tangerang.

Ngerinya, penyakit ini rentang sekali menyerang pengendara. Terlebih wasir atau ambeien disebabkan oleh beberapa hal. Jika brothers terlalu lama duduk, lebih dari 30 menit anatomi tubuh kita akan bereaksi.

“Ia mendapat tekanan gravitasi hiinga pembuluh darah bisa tergencet. Situasi ini bisa menjadi penyebab terserang wasir. Ditambah pola makan yang jelek. Seperti makan tanpa sayuran, yang kering-kering, dapat menyebabkan fases jadi padat,” katanya.

Mengeluarkannya, seseorang  harus ngeluarin tenaga ekstra. “Ngedennya jadi kuat. Tenaga yang dipaksakan ini membuat tekanan intra abdominal di dalam perut juga besar. Apalagi fases yang keras dan padat akan bergesekan dengan anus hingga mengakibatkan luka sampai pendarahan.

Pencegahannya sebenarnya simpel. Jika riding terlalu lama, sudah masuk durasi 30 menit sampai 1 jam, ia harus cepat-cepat berhenti. Rileksasi dahulu. Olahraga ringan agar pembuluh darah kembali lancar.

Selain itu, ia harus rajin minum air putih dan memperbanyak makanan berserat terutama sayuran dan buah-buahan. Untuk yang sudah terkena, pola makan harus dijaga. Hindari makanan yang ‘tajam’ seperti makanan pedas.

No comments:

Post a Comment